12 Tokoh Matematika Di Dunia

Tokoh Matematika di Dunia
Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika, melainkan akan disajikan beberapa tokoh-tokoh matematika dunia yang sudah berjasa dalam ilmu pengetahuan, khususnya matematika. Kaprikornus sehabis ini kalian akan mengetahui siapakah yang menemukan rumus-rumus matematika yang sudah ada kini ini.Oke, mari disimak 12 tokoh matematika dunia,
        1. Thales (Yunani, 624-546 SM)
      Thales yaitu salah satu tokoh matematika yang fokus terhadap ilmu-ilmu matematika, astronomi, fisika dan ilmu alam.  Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia Thales lahir di Yunani dan ketika cukup umur Thales pergi ke Mesir untuk belajar. Thales pernah mencoba mengukur ketinggian piramida dengan memakai konsep ruang dan waktu untuk berdiri selain itu Thales juga pernah memprediksi peredaran Matahari. Oleh lantaran itu Thales sering disebut sebagai bapak Matematika dan Astronomi.
        2. Phytagoras(Yunani, 582-493 SM)
      Phytagoras mempunyai gelar master filsafat, dan juga ia juga mempelajari musik dan ilmu-ilmu lainnya.  Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia Sama menyerupai Thales, Phytagoras lahir di Yunani dan kemudian ke Mesir dan Babilonia untuk belajar. Untuk kalian yang sudah mempelajari bahan segitiga siku-siku niscaya tidak gila dengan kata “Phytagoras”. Ya, rumus segitiga siku-siku identik dengan rumus Phytagoras. Sesuai dengan nama penemu rumus tersebut yaitu Phytagoras sendiri. Phytagoras yaitu orang yang menemukan bukti-bukti yang menjelaskan bahwa dalam segitiga siku-siku, kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari kedua sisi yang lainnya.
        3. Euclides (Yunani, sekitar 300 SM)
      Euclides dikenal sebagai bapak geometri yang banyak mengemukakan teori bilangan dan geometri.  Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia Euclider lahir di yunani, ia menulis 13 jilid buku perihal geometri. Dalam buku-bukunya ia menyatakan aksioma atau pernyataan-pernyataan sederhana dan membangun semua bukti perihal geometri menurut aksioma yang ada.
      4. Archimedes (Yunani, 287-212 SM)
    Archimedes yaitu jago matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal, ia mempelajari matematika, fisika dan menciptakan banyak penemuan.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Archimides menemukan sebuah prinsip tuas yang sanggup menggerakkan benda berat hanya dengan sedikit perjuangan yang terkenal dengan sistem katrol yang didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal sendirian saja.
      5. Ali bin Abi Thalib (Saudi Arabia 658-695 M)
    Ali bin Abi Thalib yaitu seorang ilmuan yang berasal dari Arab.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Ali bin Abi Thalib lahir sekitar 13 Rajab 23 Pra Hijriah/599 Masehi, ia wafat pada 21 bulan mulia 40 Hijriah/661 Masehi. Sejak kecil Ali bin Abi Thalib suka untuk mencari dan banyak sekali ilmu. Ali juga ikut berpartisipasi dengan Nabi Muhammad. Kemudian Ali menikah dengan putri Rasul, Fatimah ra dan tinggal di daerah yang sangat sangat sederhana. Meski tinggal di kesederhanaan Ali tidak surut dalam mencari ilmu pengetahuan, tak heran bila Rasul pernah bersabda, “Jika aku Kota Ilmu maka Ali yaitu gerbang“.
    Ali mempopulerkan simbol angka dalam aksara Arab dengan yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0. Ali juga yang menyederhanakan penulisan lambang dari angka Romawi di mana sepuluh dengan “X”, dengan “C” ratus, seribu dengan “M” dan seterusnya
      6. Al-Khwarizmi (Persia, 780-850 M)
    Nama lengkap Al Khwarizmi yaitu Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Al-khwarizmi dikenal sebagai bapak aljabar lantaran penemuannya yaitu rumus ABC untuk menemukan penyelesaian persamaan kuadrat. Rumus tersebut pertama kali muncul dalam buku karyanya yang terkenal, yaitu kitab Al Mukhtasar fii Hisab Aljabar wal Muqabbala. Buku karyanya tersebut merupakan buku aljabar pertama yang dibentuk matematikawan yang pernah lahir di muka bumi dikala itu.
      7. Ibnu Sina (980 – 1037 M)
    Ibnu Sina sering dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Ibnu Sina yaitu seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia ( persia sudah menjadi bab Uzbekistan sekarang). Beliau sering juga disebut sebagai “Bapak Pengobatan Modern” kerena banyak karya besarnya membahas mengenai filosofi dan pengobatan. Qanun fi Thib yaitu salah satu karya yang sangat terkenal dari Ibnu Sina yang selama berabad-abad dijadikan tumpuan di bidang kedokteran.
    Ibnu Sina juga merupakan pengarang dari 450 buku pokok bahasan besar yang beberapa diantaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran.
      8. Leonardo Da Vinci (Italia, 1452-1519 M)
    Sejak kecil Leonardo Da Vinci telah menawarkan kemampuan khusus dalam bidang matematika, lukisan musik, dan lainnya.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Leonardo Da Vinci juga mempelajari geometri dan memakai metode menciptakan subjek lukisan jatuh di atas segitiga imajiner. Metode ini disebut komposisi piramida. Untuk melukis gambar ruang pada kanvas datar ia memakai semua metode garis horizontal paralel terlihat menuju titik tertentu. Metode ini dikenal dengan nama perspektif.
      9. Galileo Galilei (Italia, 1564-1642 M)
    Galileo Galilei yaitu jago fisika, Astronomi, Matematika, dan filsafat bahasa italia.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Galileo yaitu nama yang terkenal untuk sang penemu dasar-dasar teori gerak jatuh bebas dan teleskop modern. Beliau merupakan penganut paham Copernicus, yang menyatakan bahwa sentra tata surya ini bukanlah bumi, melainkan matahari. Oleh alasannya yaitu itu pula pada selesai masa hidupnya dia harus mendekam du penjara lantaran menentang paham gereja yang menyatakan sentra tata surya yaitu bumi.
      10. Blaise Pascal (Prancis 1.623-1.662 M)
    Blaise Pascal yaitu spesialis matematika, fisika, teologi serta penyair.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Pascal sangat tertarik pada matematika, khususnya geometri dikala dia berumur 6 atau 7 tahun. Pada usia 12 tahun tanpa memperoleh dukungan orang lain, ia menemukan bahwa jumlah semua sudut dalam sebuah segitiga selalu 180. Dalam 19 tahun Pascal telah menemukan mesin hitung yang memakai roda gigi yang menjadi cikal bakal kalkulator dikala ini.
      11. Isaac Newton (Perancis, 1.642-1.727 M)
    Isaac Newton yaitu salah satu matematikawan besar serta fisika belajar.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Isaac Newton menemukan aturan gravitasi dan menyimpulkan teori bahwa gravitasi yaitu gaya tarik obyek ke obyek lain. Semakin jauh jarak antara dua benda semakin lemahlah gaya gravitasi antara dua benda. Gerak Bulan mengelilingi bumi sanggup dijelaskan dengan aturan gravitasi. Newton juga menemukan aturan gerak yang merupakan dasar dari dinamika.
      12. Gottfried Wilhelm Leibniz (Jerman 1.646-1.716 M)
    Gottfried Wilhelm Leibniz yaitu tokoh yang terkenal berjasa dalam bidang teori kalkulus.
     Pada postingan kali ini kita tidak membahas bahan matematika 12 Tokoh Matematika di Dunia
    Dalam dunia matematika, Leibniz dipandang sebagai salah satu penemu teori kalkulus. Penemuannya ini kebetulan sama dengan Newton. Oleh lantaran itu mereka sering kali tampak berebut legalisasi bahwa siapa yang sebetulnya menemukan kalkulus.
    Selain Kalkulus, Leibniz yaitu orang yang pertama kali menemukan kalkulator mekanik yang tampak lebih maju dibandingkan dengan buatan Pascal. Selain itu, Leibniz juga merupakan pengembang dari sistem bilangan biner.
Nah itu dia tadi 12 Tokoh matematika yang terkenal di dunia, yang niscaya sangat berjasa bagi perkembangan ilmu matematika.

Sekian dulu,

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Pages : 1 2 3



Blogger
Disqus

No comments