Matematika Smp Aritmetika Sosial Rabat, Bruto, Tara, Neto, Bunga

Sebelumnya pada bab 1 sudah dibahas bahan mengenai harga jual, harga beli, untung dan rugi. Kali ini akan dibahas mengenai Rabat, Bruto, Tara, Neto dan Bunga. Apa itu Rabat? Bruto? Tara? Neto? Bunga?, Mari kita simak bersama.


RABAT ( DISKON)
Pasti kalian sering melihat kata DISKON, terkadang penjual memperlihatkan kepingan pada barang-barang dagangannya untuk menarik konsumen. Potongan harga inilah yang dinamakan dengan RABAT / DISKON. Pada penggunaannya kata rabat dan diskon mempunyai arti yang berbeda, dimana rabat ialah kepingan harga yang diberikan oleh produsen kepada grosir, agen, atau pengecer. Sedangkan diskon diberikan oleh grosir, agen, atau pengecer kepada konsumen. Rabat / Diskon terkadang diberikan dalam bentuk persen (%).

Contoh :
Seseorang akan membeli baju di swalayan dengan harga Rp 150.000,-, bila pembeli tersebut menerima diskon 20%, berapakah yang harus dibayar untuk membeli baju tersebut?

Penyelesaian :

Diskon = 20% x Rp 150.000,-

= Rp 30.000,-

Sehingga harga yang harus dibayar

= Rp 150.000 – Rp 30.000

= Rp 120.000,-

Untuk mencari harga bersih, dipakai rumus :

Harga Bersih = Harga Kotor – Rabat (diskon)

Dimana :

Harga Bersih ialah harga barang sesudah dikurangi rabat/diskon. Harga Kotor ialah Harga barang sebelum dikurangi rabat/diskon.



Pernahkah kau mengamati kemasan suatu produk? Biasanya dalam kemasan tersebut terdapat kata bruto atau kata neto. Sebenarnya apa sih bruto dan neto itu?

Berat suatu barang yang kita beli biasanya masih dalam hitungan berat kotor ( BRUTO ) artinya berat kemasan juga ikut dalam berat barang yang kita beli. Berat dari kemasan menyerupai karung, kardus, plastik, atau lainnya disebut dengan Tara. Sedangkan berat isi suatu barang tanpa pemanis berat kemasan dan lain-lain disebut dengan neto.

Jadi? Sudah paham mengenai Bruto, Tara dan Neto?
Dari urian tersebut sanggup kita tuliskan rumus sederhana sebagai berikut :

Bruto = neto + tara

Neto = bruto – tara

Tara = bruto – neto

Terkadang, dalam suatu masalah diketahui nilai tara dalam bentuk persen dan nilai bruto maka kita sanggup memilih nilai tara dengan rumus sbb :
Tara = persen tara x Bruto
Sedangkan untuk mencari harga higienis dari harga beli sesudah memperoleh kepingan berat ( tara ) ialah sbb :
Harga Bersih = Neto x Harga / Satuan Berat

Blogger
Disqus

No comments