Penjelasan Lengkap Rumus Abc Untuk Menuntaskan Persamaan Kuadrat

Pada kesempatan ini, saya akan menyebarkan sebuat tips atau cara-cara untuk menuntaskan suatu persamaan kuadrat dengan memakai rumus yang secara umum kita sebut dengan Rumus ABC. Rumus ABC biasa dipakai apabila dalam penyelesaiannya cara pemfaktoran dan melengkapi kuadrat tepat tidak sanggup digunakan.

Sebelum melangkah ke cara menuntaskan persamaan kuadrat dengan Rumus ABC. Saya akan review sedikit wacana menuntaskan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran dan melengkapi kuadrat sempurna.

Misalkan kita memiliki suatu persamaan kuadrat menyerupai bentuk berikut ini:
AB = 0
Maka penyelesaian yang akan kita peroleh yaitu:
A = 0 atau B = 0

Dari permisalan diatas kita sanggup mengetahui bahwa persamaan kuadrat dengan cara pemfaktoran yaitu dengan menentukan faktor dari perkalian ac (ac yaitu konstanta) yang dimana b adalah penjumlahan dari a dan c.

Misalkan sehabis difaktorkan kita ketahui risikonya yaitu x dan y dimana x dan y yaitu sebuah koefisien. maka perkalian luar dan perkalian dalam dari koefisien x dan y besarnya x dan y.

Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian dari . 

Jawab:
 
(x - 4) (x + 2) = 0 
x - 4 = 0   atau   x + 2 = 0
x = 4        atau   x = -2
Sehingga himpunan penyelesaian yang kita peroleh yaitu x = 4 atau x = -2. Atau kita sanggup tuliskan sebagai:
HP = {4 , -2} 

Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian dari . 

Jawab:
 
(6x + 5) (x - 1) = 0
6x + 5 = 0   atau    x - 1 = 0
6x = -5        atau    x = 1
x = -5/6
Sehingga himpunan penyelesaian yang kita peroleh yaitu x = -5/6 atau x = 1. Atau kita sanggup tuliskan sebagai:
HP = {-5/6 , 1}

Dua pola di atas merupakan pola untuk menentukan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran. Selanjutnya akan diberikan klarifikasi dan pola singkat untuk menentukan persamaan kuadrat dengan melengkapi persamaan kuadrat.

Penyelesaian dengan cara melengkapi persamaan kuadrat ini tidak mengecewakan rumit sehingga kita perlu sedikit teliti dalam menuntaskan suatu persamaan.

Cara pengerjaan dengan metode ini yaitu:
Misalkan kita memiliki persamaan berikut ini:
 ax2– bx – c = 0
Maka yang harus kita lakukan yaitu mengubah persamaan tersebut menjadi:
(x + p)2 = q
Sehingga penyelesaian selesai yang akan kita peroleh yaitu x = -p + √q atau x = -p - √q. Atau kita sanggup tuliskan dengan singkat menjadi:
x = -p ± √q

Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:
Pertama-tama dari persamaan kuadrat yang diberikan, kita ubah persamaan tersebut menjadi bentuk menyerupai berikut ini:
  saya akan menyebarkan sebuat tips atau cara Penjelasan Lengkap Rumus ABC Untuk Menyelesaikan Persamaan Kuadrat
Setelah kita ubah ke persamaan diatas, selanjutnya kita tambahkan kedua ruas tersebut dengan hal ini akan menjadikannya kuadrat sempurna. 

Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian dari . 

Jawab:
 
 
 
 
 
   atau    
   atau  
x=2i+3
Sehingga himpunan penyelesaian yang kita peroleh yaitu atau . Atau kita sanggup tuliskan sebagai: HP = {2i + 3 , -2i + 3}

Nahhhhh, Sekarang kita akan masuk di penyelesaian persamaan kuadrat dengan Rumus ABC. Namun sebelumnya, menyerupai apa sihh Rumus ABC itu? 

Rumus ABC sering dituliskan sebagai berikut:


dengan merupakan Diskriminan dimana sering dituliskan dengan karakter D. Sehingga sanggup dituliskan . Rumus inilah yang kita gunakan dalam menentukan akar-akar dari suatu persamaan kuadrat.
Contoh:
Tentukan akar-akar dari persamaan kuadrat .
Jawab:
Dari persamaan yang telah diberikan dan dengan mengacu pada Rumus ABC, kita sanggup ketahui bahwa: a = 2 , b = 3 dan c = -9
Setelah kita mengetahui nilai a, b dan c, selanjutnya kita tinggal memasukan nilai a, b dan c tersebut ke dalam Rumus ABC. Sehingga akan menyerupai berikut ini:
Kemudian kita tinggal lanjut menghitungnya saja. Sehingga akan menyerupai berikut ini:
       
       
       
   atau  
              atau  
Sehingga himpunan penyelesaian yang kita peroleh yaitu x = 6/4 atau x = -3. Atau kita sanggup tuliskan sebagai:
HP = {6/4 , -3}

Rumus ABC  biasanya dipakai untuk menuntaskan suatu persamaan kuadrat yang sulit difaktorkan. Bahkan ada orang lebih menentukan memakai Rumus ABC sebagai cara utama, tanpa mencoba dengan pemfaktoran ataupun melengkapi bentuk kuadrat. Mengapa disebut Rumus ABC alasannya yaitu komponen-komponen yang ada dalam rumus hanya a, b dan c yang masing-masing merupakan koefisien dari dan koefisien dari x.
Blogger
Disqus

No comments