Rangkuman Bahan Berdiri Ruang Matematika Smp Kelas 8

Dicermati dari namanya saja, Anda sudah sanggup menemukan jawabannya. Terbagi dalam berdiri ruang dan sisi datar. Artinya, bentukan dari berdiri ruang yang mempunyai sisi-sisi yang datar keseluruhannya. Meskipun sisinya sangatlah banyak, bahkan rumit. Namun jikalau ada salah satu sisi atau bentuk ruang yang lengkung, maka berdiri ruang tersebut tidak termasuk dalam berdiri ruang sisi datar. Dengan kata lain, berdiri tersebut dikatakan berdiri ruang sisi datar jikalau keseluruhan sisinya datar.

Ragam Jenis Bangun Ruang Sisi Datar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, berdiri ruang ini mempunyai sisi datar secara menyeluruh. Artinya, Anda hanya butuh mencermati sebuah berdiri ruang saja apakah hanya mempunyai sisi datar saja ataukah ada sisi lengkungnya saja. Jika terdapat percampuran antara sisi datar dan sisi lengkung, jawabannya sudah niscaya bukan berdiri ruang sisi datar. Nah, untuk memperjelasnya, ada beberapa jenis berdiri ruang tersebut yang diajarkan di dingklik sekolahan Sekolah Menengah Pertama kelas 8. Diantaranya yaitu kubus, balok, limas serta prisma. Seperti apa ciri-ciri dari berdiri ruang tersebut?
  1. Kubus

 Terbagi dalam berdiri ruang dan sisi datar Rangkuman Materi Bangun Ruang Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
Bangun ruang berbentuk persegi biasa dikenal dengan kubus, atau bujur sangkar. Selain itu berdiri ruang ini juga dikenal dengan nama bidang enam beraturan yang mempunyai tinggi dengan bantalan yang sama persis.
Ada tiga bab utama dari berdiri ruang ini. Diantaranya yaitu titik sudut, rusuk serta sisi. Anda sanggup memperhatikannya pada bab gambar kubus di atas.
Untuk penjelasannya, ada sekitar 8 titik sudut yang diwakili oleh titik sudut A, B, C, D, E, F, G, dan H.
Sementara untuk rusuknya berjumlah 12 buah yang sama panjang. Rusuk ini dicontohkan dari AB, BC, CD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG, DH, serta AD.
Sedangkan untuk sisinya berjumlah 6 buah saja. Yakni sisi ABCD, EFGH, BCGF,ADHE, CDHG, serta ADHE.
Nah, selain tiga bab utama tadi, ada bab lain yang disebut dengan diagonal ruang, diagonal bidang serta bidang diagonal. Apa itu?

Diagonal bidang merupakan ruas garis yang sejatinya menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan. Contohnya yaitu AC. Dan untuk jumlahnya sekitar 12 buah.

Sedangkan diagonal ruang merupakan ruas garis yang menghubungkan antara dua titik sudut di dalam sebuah berdiri ruang. Jumlahnya ada 4 buah, misalnya yaitu AG.

Dan untuk bidang diagonal yaitu suatu bidang yang dibatasi oleh dua diagonal bidang serta dua rusuk. Jumlahnya 6 buah saja. Contohnya ABGH, atau ACGE.

Lalu bagaimana dengan rumus menghitung berdiri ruang tersebut? Mari perhatikan secara cermat di bawah ini!
  • Volume = s x s x s = s3
  • Luas Permukaan = 6 s x s = 6 s2
  • Panjang Diagonal Bidang = s√2
  • Panjang Diagonal Ruang = s√3
  • Luas Bidang Diagonal = s2√2
S di sini merupakan klarifikasi dari panjang dari sisi kubus atau berdiri ruang tersebut.
  1. Balok

 Terbagi dalam berdiri ruang dan sisi datar Rangkuman Materi Bangun Ruang Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
Sekilas, balok mempunyai kemiripan dengan berdiri ruang kubus. Kemiripannya tentu saja terdapat pada jumlah rusuk (12 buah), kemudian sisi (6 buah), titik sudut (8 buah), diagonal bidang (12 buah), diagonal ruang (4 buah), serta bidang diagonal (6 buah).

Sementara untuk perbedaannya terletak pada besarnya sisi-sisi berdiri ruang tersebut. Artinya, besaran sisi dari berdiri ruang berbeda sebagaimana yang dicontohkan dari persegi panjang.

Jika kubus dikenal sebagai berdiri ruang yang mempunyai sisi-sisi yang sama besar berbentuk persegi, maka balok lebih dikenal sebagai berdiri ruang yang mempunyai besaran sama dari sisi-sisi yang saling berhadapan, baik dari ukuran hingga bentuknya.

Sedangkan untuk rumus menghitung balok juga berbeda. Anda sanggup melihatnya di bawah ini.
  • Volume = panjang x lebar x tinggi = p x l x t
  • Panjang Diagonal Bidang = √(p2+l2) atau √(p2+t2) atau √(l2+t2)
  • Panjang Diagonal Ruang = √(p2+l2+t2)
  • Luas Bidang Diagonal = tergantung dari bidang diagonal yang mana
Untuk keterangannya, p mewakili panjang dari sebuah sisi, kemudian l mewakili lebar, dan t mewakili tinggi dari sebuah bidang.
  1. Limas

 Terbagi dalam berdiri ruang dan sisi datar Rangkuman Materi Bangun Ruang Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
Bangun ruang sisi datar selanjutnya yaitu limas. Definisinya yaitu berdiri ruang yang mempunyai sisi tegak yang berbentuk segitiga yang kemudian berpotongan pada satu titik di puncaknya, serta bentuk alasnya sanggup majemuk ibarat segitiga, segi empat ataupun segi lima dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis limas. Diantaranya yaitu limas segitiga beraturan, limas segi empat beraturan, limas segitiga sembarang serta limas segiempat sembarang.

Jenis-jenis ini dikenali dari bentuk alasnya. Jika alasnya berbentuk segiempat, maka disebut dengan limas segiempat. Dan jumlah sisi tegaknya akan menjadi empat, begitu seterusnya.

Lalu bagaimana dengan tingginya? Tinggi dari limas dilihat dari jarak terpendek dari sisi puncak limas ke bab alas. Dan tingginya akan selalu tegak lurus dengan titik potong simetri pada bab alas.
Bagaimana cara menghitungnya? Coba gunakan rumus berikut ini!
  • Volume Limas = 1/3 Luas Alas x Tinggi
  • Luas Permukaan = Jumlah Luas Alas + Jumlah Luas sisi tegak
  1. Prisma

 Terbagi dalam berdiri ruang dan sisi datar Rangkuman Materi Bangun Ruang Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
Bangun ruang yang terakhir yaitu prisma. Sepintas berdiri ruang ini ibarat dengan berdiri ruang lainnya. Lalu bagaimana cara mengetahui jikalau berdiri ruang tersebut itu prisma atau bukan.

Jawabannya sangatlah sederhana. Anda cukup memperhatikan bidang bantalan dengan bidang atasnya saja. Kemudian pastikan jikalau bidang tersebut sejajar dan kongruen.

Dengan kata lain, prisma yaitu sebuah berdiri ruang yang mempunyai bidang bantalan yang sama persis dengan bab atas, serta sejajar dan kongruen.

Dari sini, tentu saja akan ada banyak jenisnya. Hal ini diadaptasi dengan bentuk dari bantalan prisma itu sendiri. Contohnya jikalau alasnya berbentuk segitiga, maka disebut dengan prisma segitiga. Jika segilima, maka disebut prisma segilima dan seterusnya.

Untuk bagian-bagiannya hampir sama dengan berdiri ruang lainnya, hanya saja diadaptasi dengan jenis prisma itu sendiri. Dan untuk tingginya sanggup ditemukan dari jarak antara bab bantalan dan bab atas. Sementara untuk cara menghitung volume dan luasnya, Anda sanggup memakai rumus berikut ini!
  • Volume = Luas bantalan x Tinggi
  • Luas permukaan = (2 x Luas Alas) + (Keliling bantalan x tinggi)
Blogger
Disqus

No comments