Contoh Soal Matematika Mengenai Hubungan Dan Cara Penyelesaiannya

Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai Pengertian Relasi Matematika. Dimana definisi relasi merupakan suatu pernyataan yang menghubungkan dua buah himpunan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa teladan soal yang dapat kalian pelajari dengan baik.
 Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai  Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal 1:
Disuatu sekolah, ada beberapa siswa yang tergolong pembangkang sehingga nama mereka telah tercatat di dalam buku catatan seorang guru bimbingan konseling. Mereka yakni Rudi, Heru, Panji, Heryu, dan Edwar. Masing - masing dari orang bau tanah mereka yakni Sarto, Toni, Komar, Lutfi, dan Arya. Suatu hari orang bau tanah dari kelima murid tersebut dipanggil oleh sekolah untuk membicarakan problem yang ada pada siswa - siswa tersebut dan hanya ada empat orang bau tanah yang hadir. Diketahui bahwa Rudi yakni anak dari Sarto, Heru anak dari Toni, Panji anak dari Komar, dan Heryu anak dari Lutfi.

a. Sebutkan relasi yang mungkin dari himpunan murid dan himpunan orang tua.
b. Dari relasi di atas, adakah orang bau tanah dari murid tersebut yang tidak hadir?
c. Dari relasi di atas, adakah murid yang tidak bersama orang tuanya.

Penyelesaian :
a. Relasinya yakni "Anak dari"
b. Orang tu dari murid tersebut yang tidak hadir yakni Arya.
c. Murid yang tidak bersama orang tuanya yakni Edwar.

Contoh soal 2 :
Diketahui himpunan A = {1, 2, 3, 4} dan himpunn B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Jika dari himpunan A ke himpunan B dihubungkan dengan relasi "setengah dari" maka tentukanlah anggota himpunan A yang memiliki mitra pada himpunan B!

Penyelesaian :
Anggota himpunan A yang "setengah dari" anggota himpunan B yakni 1, 2, dan 3 sebab 1 merupakan setengah dari 2, 2 setengah dari 4, dan 3 stengah dari 6.

Blogger
Disqus

No comments