Pengertian Korelasi Dilengkapi Pembahasan Rujukan Soal Matematika Smp Kelas 8

Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai Pengertian dan Contoh Himpunan Bagian. Maka pada artikel kali ini akan dilanjutkan dengan membahas bahan perihal Pengertian Relasi Dilengkapi dengan Pembahasan Contoh Soal. Materi ini dipelajari ditingkat Sekolah Menengah Pertama yaitu kelas 8. Untuk memahami bahan ini, perhatikan baik - baik klarifikasi dan pola soal di bawah ini.


 Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8


Pengertian Relasi dan Cara Penyajiannya

Pengertian relasi

Dalam matematika, korelasi merupakan sebuah pernyataan yang memilih korelasi antara dua buah himpunan. Contoh, korelasi antara siswa dengan mata pelajaran yang mereka sukai atau korelasi antara siswa dengan warna kesukaannya.

Di bawah ini merupakan pola soal dari korelasi :
Tentukan korelasi yang dapat menjadi penghubung antara himpunan A dan B berikut ini :
A = {1, 2, 3, 4, 5} dan  B = {1, 4, 9, 16, 25}

Penyelesaian :
Dari pola soal di atas kita dapat menyimpulkan bahwa korelasi yang dapat menghubungkan anggota himpunan A dengan anggota himpunan B ialah "akar dari" dengan uraian sebagai berikut :

1 merupakan akar dari 1
2 merupakan akar dari 4
3 merupakan akar dari 9
4 merupakan akar dari 16
5 merupakan akar dari 25


Cara Penyajian Relasi Matematika

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menggambarkan relasi, yaitu pertama dengan memakai diagram panah kemudian dengan memakai diagram kartesius dan yang terakhir dengan himpunan pasangan berurutan.

1. Diagram panah

Misalkan sebagai pola sekelompok anak dengan hobi mereka masing - masing. Mereka ialah Hasan, Maria, Joni, dan Zahra. Mereka sedang membicarakan perihal hobi mereka. Hasan menyebutkan hobinya membaca buku, Joni hobi membaca dan berolahraga, zahra hobi memasak, dan Maria tidak menyebutkan hobinya.
Dari pola tersebut, Hasan, Maria, Joni, dan Zahra merupakan himpunan sekelompok anak yang kita anggap sebagai himpunan A. Sedangkan membaca, memasak, dan olahraga merupakan himpunan dari hobi mereka yang kita anggap sebagai himpunan B. Himpunan sekelompok anak tersebut mempunyai korelasi dengan himpunan hobi mereka melalui acara "kesukaan" yang mereka lakukan. Artinya, kata 'suka' merupakan korelasi yang menjadi penghubung antara sekelompok anak dengan acara tersebut.

Dari pola di atas kita dapat menggambarkan relasinya dengan memakai diagram panah. Maka akhirnya menyerupai pada gambar di bawah ini :
 Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8


2. Diagram Kartesius

Contoh Soal :
Gambarlah diagram kartesius dari himpunan bilangan A = {4, 5, 6, 7} dan himpunan bilangan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5}. Jika korelasi himpunan A ke himpunan B ialah "lebih dari"

Penyelesaian :
Diketahui :
A = {4, 5, 6, 7}
B = {0, 1, 2, 3, 4, 5}

Relasi himpunan A ke himpunan B yaitu "lebih dari". Jadi, diagram kartesiusnya ialah sebagai berikut :
 Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan bahan mengenai Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8

3. Himpunan pasangan berurutan

Kita ambil pola dari himpunan pada diagram panah di atas yaitu himpunan sekelompok anak dengan himpunan hobi mereka masing - masing. Pasangan berurutannya ialah :
{(Hasan membaca, (joni membaca dan olahraga), (zahra memasak)}

Blogger
Disqus

No comments