Materi Persamaan Garis Singgung Bulat Smp Kelas 8

Garis singgung bundar merupakan garis - garis yang memotong sebuah bundar pada suatu titik tertentu. Garis singgung bundar harus tegak lurus terhadap jari - jari bundar yang melalui titik singgung. Perhatikan gambar berikut ini :

 Garis singgung bundar merupakan garis  Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran Sekolah Menengah Pertama Kelas 8

Mengenal Sifat Garis Singgung Lingkaran

Berdasarkan gambar di atas, coba kalian perhatikan garis g yang memotong bundar pada titik A dan B, kemudian perhatikan garis h yang memotong bundar pada titik C. Garis h tersebutlah yang disebut sebagai garis singgung pada bundar yang pusatnya di titik O dengan jari - jari r. Sedangkan titik C yang dilalui oleh garis h  disebut sebagai titik singgung. Garis g pada gambar di atas berada di pada titik A dan B yang berpusat di O membentuk segitiga sama kaki sehingga OAB = OBA.

Apabila garis g dengan sentra A diputar mendekati titik A sepanjang busur AB yang kecil, maka akan diperoleh bahwa setiap perpindahan titik B, yaitu B' akan selalu berlaku OAB' = OB'A dan sudut AOB' semakin kecil. Saat titik B' hingga di titik A, garis g hanya menyinggung bundar di titik A dan sudut yang terbentuk antara OA dan garis g adalah 90atau OA tegak lurus dengan garis g. Pada ketika itu garis g menjadi garis singgung pada bundar di titik A.

Dari uraian di atas, disimpulkan bahwa :

a. Garis singgung bundar merupakan suatu garis yang memotong bundar pada satu titik dan hanya di satu titik.

b. Garis singgung bundar harus tegak lurus dengan jari - jari yang ditarik melalui titik singgungnya.

c. Melalui satu titik pada lingkaran, dapat dibentuk sempurna satu garis singgung.


Blogger
Disqus

No comments