Penyajian Data Memakai Diagram Garis

Di dalam artikel sebelumnya telah memberikan bahan mengenai Penyajian Data Menggunakan Diagram Batang. Kali ini akan membahas bahan mengenai cara penyajian data dengan memakai diagram garis. Materi ini hampir sama dengan bahan penyajian data dengan memakai diagram batang. Namun, diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data yang diperoleh dari waktu ke waktu secara teratur dengan interval waktu tertentu. Diagram garis juga biasanya dipakai untuk mengetahui perkembangan atau pertumbuhan dari suatu hal secara kontinu (berkelanjutan). Misalnya, perkembangan tinggi tubuh seseorang setiap bulan, perkembangan ekonomi dalam keluarga setiap bulan, pertumbuhan tinggi pohon apel setiap bulan, dan banyaknya curah hujan di suatu kawasan dalam kurun waktu setahun.
Perhatikan pola diagram garis berikut ini :


Jika kita perhatikan, diagram garis sama dengan diagram batang. Hal ini terlihat pada diagram garis yang memakai sumbu mendatar dan juga sumbu tegak dimana keduanya saling berpotongan secara tegak lurus. Pada umumnya, sumbu mendatar menawarkan usang waktu pengamatan sedangkan sumbu tegak menawarkan hasil pengamatan yang dilakukan. Pasangan nilai pada sumbu mendatar dan sumbu tegak digambarkan dengan sebuah titik layaknya titik yang dipakai pada diagram cartesius, kemudian kemudian titik - titik itu dihubungkan satu - persatu sehingga membentuk sebuah garis atau kurva.

Penyajian Data Menggunakan Diagram Garis

Perhatikan baik - baik pola soal di bawah ini :

Contoh soal :
Berikut ini merupakan tabel nilai rata - rata Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Bina Islami dalam kurun waktu 6 tahun terakhir.
Penyajian Data Menggunakan Diagram Batang Penyajian Data Menggunakan Diagram Garis

Penyelesaian :
Berdasarkan tabel di atas kalau disajikan dengan memakai diagram garis akan terlihat pada gambar di bawah ini :

Penyajian Data Menggunakan Diagram Batang Penyajian Data Menggunakan Diagram Garis

Demikianlah pembahasan bahan mengenai Penyajian Data Menggunakan Diagram Garis. Penyajian data dengan metode ini cenderung lebih gampang dibandingkan dengan penyajian data dengan metode yang lain alasannya ialah kita hanya tinggal memilih titik - titik sesuai dengan data yang dihasilkan kemudian titik -titik tersebut kita hubungkan sehingga membentuk garis kurva.
Semoga kalian dapat memahami klarifikasi bahan di atas dengan gampang sehingga artikel ini dapat membantu kalian dalam menuntaskan soal - soal yang berkaitan dengan bahan ini.
Blogger
Disqus

No comments